Bercinta setelah melahirkan tidak seperti ketika pasangan Anda harus dinas tiga bulan keluar kota. Diperlukan sedikit pengetahuan dan panduan agar membuat kegiatan ini menyenangkan.

Ada beberapa penyebab yang membuat seks setelah melahirkan menjadi tidak mudah. Mulai dari hilangnya kepercayaan diri karena bentuk tubuh yang berubah, berkurangnya pelumas alami hingga rasa sakit akibat bekas jahitan.

Meskipun banyak sekali faktor-faktor yang menyulitkan Anda untuk bercinta, namun bukan berarti harus meninggalkan kegiatan ini. Yang Anda dan pasangan perlukan adalah lebih bersabar dan mengetahui trik-triknya. Berikut ini, beberapa hal yang harus diperhatikan saat bercinta setelah melahirkan.

Yang pertama dan paling penting adalah memberitahu kepada pasangan apa yang Anda rasakan. Jika Anda merasa belum merasa siap baik secara fisikal maupun emosional, sebaiknya jangan dipaksakan. Hal tersebut bisa membahayakan diri Anda.

Bila Anda sudah siap, bukan berarti ‘seks pertama’ ini bisa dilakukan seperti sebelum melahirkan. Lagi-lagi Anda harus memberitahukan pasangan Anda bahwa semuanya harus berjalan dengan sangat lembut dan perlahan. Penetrasi yang kasar dapat membahayakan vagina Anda.

Sebaiknya mintalah pasanganĀ  untuk melakukan foreplay lebih lama dari biasanya. Pastikan bahwa Anda sudah sangat terangsang sebelum memulainya. Hal ini sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda.

Hormon yang belum kembali normal menyebabkan turunnya pelumas alami Anda. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pelumas buatan yang bisa didapatkan di apotik terdekat. Perlu diketahui, wanita yang menyusui mengalami penurunan pelumas alami selama delapan hingga sepuluh minggu setelah persalinan seperti yang dikutip dari childbirthsolutions.

Jika Anda tidak merasa nyaman pada posisi bercinta tertentu, maka cobalah posisi baru yang bisa membuat Anda lebih nyaman. Hal inilah yang menarik dari seks setelah melahirkan.